Senin, 02 Mei 2011

Coordinating (Pengkoordinasian)

Sintong Jonatan Hutapea
19410756
1IB02

Coordinating (Pengkoordinasian)

          Coordinating atau mengkoordinasi merupakan salah satu fungsi management untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan, kegiatan dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi atau mencapai tujuan bersama. Usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai maksud itu antara lain dengan memberikan instruksi, perintah, mengadakan pertemuan-pertemuan dalam mana diberi penjelasan-penjelasan, bimbingan atau nasehat, dan mengadakan coaching dan bila perlu memberikan teguran.
          Untuk melihat kemampuan seorang manager dalam memimpin dan melakukan koordinasi, dilihat dari besar kecilnya jumlah bawahan yang ada dalam tanggung jawabnya, yang dikenal sebagai rentang manajemen. Koordinasi didefinisikan sebagai proses penyatuan tujuan-tujuan perusahaan dan kegiatan pada tingkat satu satuan yang terpisah dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Koordinasi dibutuhkan sekali oleh para karyawan, sebab tanpa ini setiap karyawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diikuti, yang akhirnya akan merugikan organisasi itu sendiri.
          Pedoman organisasi :
a. Koordinasi harus terpusat, sehingga ada unsur pengendalian guna menghindari tiap bagian bergerak sendiri-sendiri yang merupakan kodrat yang telah ada dalam setiap bagian, ingat bahwa organisasi merupakan dari orang-orang yang mempunyai keinginan dan kebutuhan berbeda.
b. Koordinasi harus terpadu, keterpaduan pekerjaan menunjukkan keadaan yang saling mengisi dan memberi.
c. Koordinasi harus berkesinambungan, yaitu rangkaian kegiatan yang saling menyambung, saling terjadi, selalu diusahakan dan selalu ditegaskan adanya keterkaitan dengan kegiatan sebelumnya.
d. Koordinasi harus menggunakan pendekatan multi instansional dengan wujud saling memberikan informasi yang relevan untuk menghindarkan saling tumpang tindih tugas yang satu dengan tugas yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar