Kamis, 03 Oktober 2013

Organisasi Dan Arsitektur Komputer

Organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan peripheral lalu teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan dan mekanisme I/O.

Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda.

Sistem komputer adalah komputer sebagai suatu sistem terdiri dari subsistem-subsistem yang  saling berhubungan sehingga dapat memiliki satu tujuan dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Subsistem tersebut adalah :
1.) Hardware (perangkat keras) merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari :
- I/O Device (I/O Device)
- Storage Device (perangkat penyimpanan)
- Monitor / Screen Monitor
- Casing Unit
- Central Processing Unit (CPU)

2.) Software (perangkat lunak) merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
a. Sistem Operasi
b. Program Aplikasi
c. Program Paket
d. Bahasa Pemrograman

3.) Brainware (User) merupakan personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analisis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang manager EDP.

Pada komputer terdapat CPU (Central Processing Unit) yang merupakan komponen terpenting dari sistem komputer dan juga komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepada CPU. Fungsi CPU yaitu :
- Menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
- Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute).

Komponen CPU :
a.) Register
Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Secara analogi, register diibaratkan sebagai ingatan di otak bila melakukan pengolahan data secara manual, otak diibaratkan CPU yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
Register dalam CPU diantaranya :
Register untuk alamat dan buffer :
- MAR (Memory Address Regiter) : untuk mencatat alamat memori yang akan diakses (baik yang akan ditulisi maupun dibaca).
- MBR (Memory Buffer Register) : untuk menampung data yang akan ditulis ke memori yang alamatnya ditunjuk MAR atau untuk menampung data dari memori (yang alamatnya ditunjuk oleh MAR) yang akan dibaca.
- I/O AR (I/O Address Register) : untuk mencatat alamat port I/0 yang akan diakses (baik akan ditulisi/dibaca).
- I/O BR (I/O Buffer Register) : untuk menampung data yang akan dituliskan ke port yang alamatnya ditunjuk I/O AR atau untuk menampung data dari port (yang alamatnya ditunjik oleh I/O AR) yang akan dibaca.
Register untuk eksekusi instruksi :
- PC (Program Counter) : mencatat alamat memori dimana instruksi di dalamnya akan dieksekusi.
- IR (Instruction Register) : menampung instruksi yang akan dilaksanakan.
- AC (Accumulator) : menyimpan data sementara baik data yang sedang diproses atau hasil proses.

b.) Control Unit
Bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada di sistem komputer, yaitu :
- mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
- mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
- mengambil data dari memori utama untuk diproses
- mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
- mengirim hasil proses ke memori utama untuk disimpan dan pada saatnya disajikan ke alat output.

c.) ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Tugas utama adalah melakukan semua perhitungan aritmatika dan melakukan keputusan dari suatu operasi logika. Seperti istilahnya ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmatika dan unit logika boolean, yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. ALU sering disebut juga mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.

d.) I/O Interconection
Input-output (I/O) Interconection merupakan sistem koneksi yang menghubungkan antar komponen internal dalam sebuah CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register serta menghubungkan CPU dengan bus-bus eksternal diluar CPU.

Dibawah ini struktur detail internal pada CPU :



Referensi :
1. http://yadisetiawan.blogspot.com/2012/10/tugas-organisasi-arsitektur-komputer_11.html
2. http://www.yumpu.com/id/document/view/7384969/arsitektur-komputer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar