Kamis, 24 November 2011

Azas-azas Pengetahuan Lingkungan

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan kuasa-Nyalah makalah ini akhirnya dapat saya selesaikan. Adapun makalah ini saya susun, untuk dapat memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Lingkungan. Makalah ini saya beri judul“Azas-Azas Pengetahuan Lingkungan”. Saya berharap dengan disusunnya makalah ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengetahui pengertian pengetahuan sumber daya alam, sistem ekologi, populasi, energi yang ada dialam dan juga menyadari pentingnya menjaga spesies maupun populasi makhluk hidup agar tidak terjadi kepunahan, terutama yang sedang mengalami kepunahan di Indonesia adalah populasi orangutan dan harimau sumatera. Terutama orangutan yang baru-baru ini mengalami pembantaian didaerah Kalimantan. Begitu juga dengan energi-energi sumber daya alam kita di Indonesia ini, yang banyak dikuras oleh negara-negara lain, sehingga banyak dari kita tidak bisa menikmati  energi-energi sumber daya alam tersebut. Saya menyadari makalah ini jauh dari sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun saya harapkan. Akhirnya saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen "Pengantar Lingkungan" yang telah membimbing saya, serta pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini, semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.


PENDAHULUAN
Ilmu lingkungan adalah salah satu ilmu yang mengintegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkungannya, antara lain aspek sosial, ekonomi, kesehatan, pertanian, sehingga ilmu ini dapat dikatakan sebagai poros, tempat berbagai azas dan konsep berbagai ilmu yang saling terkait satu sama lain untuk mengatasi masalah hubungan antara jasad hidup dengan lingkungannya.
Azas didalam suatu ilmu pada dasarnya merupakan penyamarataan kesimpulan secara umum, yang kemudian digunakan sebagai landasan untuk menguraikan gejala (fenomena) dan situasi yang lebih spesifik. Azas dapat terjadi melalui suatu penggunaan dan pengujian metodologi secara terus menerus dan matang, sehingga diakui kebenarannya oleh ilmuwan didunia ini. Tetapi ada pula azas yang hanya diakui oleh sekelompok ilmuwan tertentu saja, karena azas ini hanya merupakan penyamarataan secara empiris saja dan hanya benar pada situasi dan kondisi tertentu saja, sehingga terkadang azas ini menjadi bahan pertentangan.
Asas di dalam suatu ilmu yang sudah berkembang digunakan sebagai landasan yang kokoh dan kuat untuk mendapatkan hasil, teori dan model seperti pada ilmu lingkungan. Untuk menyajikan asas dasar ini dilakukan dengan mengemukakan kerangka teorinya terlebih dahulu, kemudian setelah dipahami pola dan organisasi pemikirannya baru dikemukakan fakta-fakta yang mendukung dan didukung, sehingga asas-asas disini sebenarnya merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain (sesuai dengan urutan logikanya). 
Secara umum azas yang terdapat pada ilmu lingkungan terdapat 14 azas yang didalamnya mengenai kehidupan makhluk hidup, alam, energi, ekosistem maupun populasi, dll.


MATERI
Materi dapat dilihat dengan cara mengklik link dibawah ini :
http://www.slideshare.net/sintongjonatanhutapea/azas-azas-pengetahuan-lingkungan-10316845


VIDEO :




PEMBAHASAN
Pada materi ini, ilmu-ilmu alam, maupun ilmu lingkungan alam dibahas, seperti ilmu termodinamika, tentang ekosistem, populasi, energi yang ada dialam ini, maupun sumber-sumber daya alam yang ada dimuka bumi ini. Hubungan-hubungan makhluk hidup yang satu dengan yang lain, rantai makanan makhluk hidup dialam, semuanya itu terdapat pada azas-azas pengetahuan lingkungan. Makhluk hidup didunia ini saling bergantungan satu sama lain, begitu juga sangat bergantung sekali dengan alam sekitarnya. Dimana spesies makhluk hidup didunia ini yang sangat banyak, maka mereka membutuhkan tempat dimuka bumi ini untuk berinteraksi, berkembangbiak. Oleh karena itu marilah kita jaga spesies-spesies makhluk hidup yang ada didunia ini, janganlah kita membunuhnya, karena akan membuat spesies makhluk hidup tersebut akan punah, contohnya, seperti orangutan, harimau sumatra yang populasi mereka didunia ini semakin sedikit yang dikarenakan mereka dibunuh dikarenakan dianggap pengganggu dihutan, lalu menjadi ancaman bagi masyarakat yang tinggal dihutan karena mengganggu usaha ladang mereka dan juga menjadi ancaman hidup mereka terutama harimau sumatera, lalu digunakan kulitnya sebagai bahan pakaian. Marilah kita menjaga populasi makhluk hidup yang ada didunia ini, agar kelangsungan hidup mereka tetap berjalan dan mereka tidak punah. Begitu juga dengan alam yang ada dimuka bumi ini, agar mereka dapat berinteraksi dengan alam sekitar mereka dan dapat melangsungkan kehidupan mereka. Demikianlah pembahasan saya mengenai materi azas-azas pengetahuan lingkungan, mungkin dalam penulisan ini banyak kekurangan yang ditemukan, biarlah kekurangan tersebut bisa menjadi pelajaran buat saya kedepannya. TERIMAKASIH.


REFERENSI
Soeriaatmadja, R.E. 1989, Ilmu Lingkungan, Edisi ke-IV, ITB, Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar