Jumat, 18 November 2011

Ekologi Dan Ilmu Lingkungan

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan kuasa-Nyalah makalah ini akhirnya dapat saya selesaikan. Adapun makalah ini saya susun, untuk dapat memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Lingkungan. Makalah ini saya beri judul “Ekologi dan Ilmu lingkungan”. Saya berharap dengan disusunnya makalah ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengetahui pengertian pengetahuan sumber daya alam, sistem ekologi, dan populasi, dan juga menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita dan alam Indonesia kita, supaya kita bisa mengurangi Global Warming yang sedang melanda dunia kita ini. Saya menyadari makalah ini jauh dari sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun saya harapkan. Akhirnya saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen "Pengantar Lingkungan" yang telah membimbing saya, serta pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini, semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
 
PENDAHULUAN
Jika manusia zaman sebelum masehi telah mempelajari kerusakan alam, berarti pada zaman sebelum masehi telah terjadi kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia itu sendiri. Mengapa bisa terjadi kerusakan alam ? Itu dikarenakan kesadaran untuk menjaga dan melestarikan alam maupun lingkungan sekitar kita tidak tertanam pada diri kita masing-masing, oleh karena itu dengan adanya makalah tentang ekologi dan ilmu lingkungan ini, biar kiranya bisa membantu memberi pengertian tentang pentingnya mempelajari ekologi dan ilmu lingkungan kepada saudara-saudara yang membaca makalah ini. Agar masalah global warming yang sedang menimpa dunia kita saat ini bisa kita kurangi. Karena pengertian ekologi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa berinteraksi dengan makhluk hidup yang lain maupun dengan lingkungannya. Begitu juga dengan pengertian ilmu lingkungan itu sendiri yaitu mempelajari kedudukan manusia di lingkungan alam, dimana manusia mempunyai kedudukan yang tinggi, sehingga manusia harus mempunyai peranan yang penting dalam menjaga dan melestarikan alam, agar terhindar dari kepunahan.
 
MATERI
Materi dapat dilihat dengan cara membuka link yang ada dibawah ini :
 
VIDEO
 
PEMBAHASAN
Masalah lingkungan yang terjadi didunia sekarang ini, yaitu global warming. Dimana penghijauan yang semakin berkurang yang dikarenakan penebangan hutan yang semakin menggila tanpa mementingkan penanaman bibit pohon kembali lalu kurangnya hutan kota di perkotaan yang dikarenakan lahan diperkotaan yang banyak digunakan untuk membangun tempat-tempat hiburan seperti mall, polusi asap yang sangat banyak terjadi terutama dinegara-negara industri maupun diperkotaan-perkotaan padat yang banyak sekali menggunakan kendaraan bermotor dan asap-asap dari industri-industri, lalu banyaknya sampah plastik didunia ini, dikarenakan pengguna plastik yang sangat banyak terutama sebagai botol minuman dan kantong belanja, dikarenakan sampah plastik yang sangat lama sekali didaur ulang oleh tanah. Itulah sedikit dari sekian banyak masalah lingkungan yang ada didunia ini sekarang. Bagaimana cara kita untuk menghilangkan masalah itu ? Hanya diri kita masing-masing yang bisa menjawabnya, maka kita terlebih dahulu harus mempunyai kesadaran penting akan lingkungan dan mau melestarikan alam maupun makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Mari kita jaga bumi kita dari global warming dan kepunahan. Demikianlah sedikit pembahasan dari saya. Terimakasih.

REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar