Senin, 28 November 2011

Sumber Daya Alam

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan kuasa-Nyalah makalah ini akhirnya dapat saya selesaikan. Adapun makalah ini saya susun, untuk dapat memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Lingkungan. Makalah ini saya beri judul“Sumber Daya Alam”. Saya berharap dengan disusunnya makalah ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengetahui pengertian pengetahuan sumber daya alam, jenis-jenis sumber daya alam, dan sumber daya alam saja yang ada di bumi Indonesia. Dikarenakan bahwa bumi Indonesia kita sangat kaya akan SDA yang bermacam-macam dan berlimpah. Tetapi energi-energi sumber daya alam kita di Indonesia ini, banyak dikuras oleh negara-negara lain, yang paling banyak yaitu negara Amerika Serikat dengan PT FreePort dan PT ExxonMobilnya, sehingga banyak dari kita tidak bisa menikmati energi-energi sumber daya alam tersebut. Saya menyadari makalah ini jauh dari sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun saya harapkan. Akhirnya saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen "Pengantar Lingkungan" yang telah membimbing saya, serta pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini, semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

PENDAHULUAN
Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Sumber daya alam di Indonesia sangatlah banyak, dikarenakan Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat, lalu Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral, dan daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.
Seperti SDA hayati yang banyak di Indonesia yaitu, yang berasal dari tumbuhan seperti padi, kayu jati, kelapa sawit, jahe, dll. Lalu SDA non hayati yang banyak di Indonesia yaitu, yang berasal dari pertambangan seperti minyak bumi, batubara, bijih besi, tembaga, bauksit, emas, perak, marmer, belerang, yodium, nikel, gas alam, mangan, grafit, dll. Itulah sebagian kecil SDA yang ada di bumi Indonesia kita ini. 

MATERI 
Materi dapat dilihat dengan cara membuka link dibawah ini :
http://www.slideshare.net/sintongjonatanhutapea/sumber-daya-alam-10359448

VIDEO


PEMBAHASAN
SDA di bumi Indonesia kita ini sangatlah berlimpah ruah, tetapi kenapa Indonesia masih banyak rakyatnya yang miskin. Ini dikarenakan SDA yang ada di bumi Indonesia kita banyak disedot oleh negara-negara maju, seperti Amerika dengan Pt. Freeportnya yang telah banyak menyedot emas, perak, tembaga, dan bijih besi yang telah banyak disedot dari wilayah Papua, tapi kita lihat masyarakat Papua dari 10 tahun yang lalu hingga sekarang, masih banyak rakyat Papua yang hidup dibawah garis kemiskinan, dikarenakan lahan untuk ladang mereka ataupun pertambangan rakyat mereka telah dibeli oleh pihak PT Freeport untuk pelebaran wilayah tambang mereka. Lalu PT Exxon Mobil, perusahaan migas asal negara Paman Sam ini, telah banyak menyedot minyak bumi kita yang ada diwilayah Cepu, Jawa Tengah. Sampai sekarang perusahaan tersebut masih asyiknya menyedot minyak bumi kita dengan banyaknya, tapi kita lihat masyarakat yang tinggal didaerah sekitar perusahaan tersebut, masih banyak rakyat yang hidup dibawah garis kemiskinan. Lalu apakah tindakan kita sebagai rakyat Indonesia, yaitu kita meningkatkan SDM kita agar SDA yang ada di bumi Indonesia ini bisa kita olah sendirinya, sehingga negara kita bisa lebih maju dalam teknologi dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Inilah tugas kita sebagai pemuda bangsa Indonesia, yang akan menjadi penerus kepemimpinan negara kita kedepannya, kita harus bisa memanfaatkan dan mengolah sendiri SDA yang ada dibumi Indonesia. Demikianlah pembahasan saya mengenai SDA yang ada di bumi Indonesia, mari kita jaga SDA kita, kita manfaatkan, kita olah, kita gunakan SDA kita dengan sendirinya tanpa harus dicuri oleh negara lain. TERIMAKASIH. 



REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar